A.
Pengertian Kode Etik
a.
Kode
etik merupakan auran-aturan susila yang ditetapkan dan ditaati bersama oleh
seluruh anggota yang bergabung dalam suatu profesi.
b.
Kode
etik merupakan persetujuan bersama yang timbul secara murni dari diri pribadi
para anggota yang bergabung dalam suatu profesi.
c.
Kode
etik merupakan serangkaian peratuan yang disepakati bersama guna menyatakan
sikap atau perilaku para anggota suatu profesi.
d.
Kode
etik lebih mengingatkan pembinaan kepada para anggotanya, sehingga mampu memberikan
sumbangan yang berguna dalam pelayanan kepada masyarakat luas.
e.
Kode
etik adalah system norma, nilai dan aturan profesional tertulis secara tegas
menyatakan apa yang benar dan baik dan apa yang tidak benardan tidk baik bagi
profesional.
B.
Pengertian Hubungan Masyarakat
(HUMAS) Menurut Ahli
a.
Menurut Howard Bonham,
Vice Chairman American National Red Cross,
“public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian masyarakat
yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan masyarakat terhadap
seseorang atau organisasi.”
b.
Menurut JC. Seidel,
Public Relations Dicertor dari Division of
Housing State of New York, menyatakan bahwa, “public relations adalah proses terus menerus dari usaha-usaha
menejemen untuk memperoleh goodwill
dan pengertian dari para pelanggannya, para pekerjanya, dan masyarakat luas, ke
dalam melalui analisis dan perbaikan sendiri, dan ke luar melalui pernyataan-pernyataan.”
c.
Menurut W. Emerson Reck,
Public Relations Director Colgate
University, “public relations adalah proses
berkelanjutan dari penentuan kebijakan-kebijakan, pelayanan-pelayanan, dan tindakan-tindakan
yang paling sesuai bagi individu atau kelompok, agar individu atau lembaga
memperoleh kepercayaan dan goodwill
dari mereka, dan kedua, pelaksanaan kebijakan-kebijakan, pelayanan-pelayanan,
dan tindakan-tindakan adalah untuk menjamin pengertian dan penghargaan
sepenuhnya.”
d.
Menurut
Frank
Jeffkins,
Public Relations is a System Of
Communication to Create Goodwill, “public relations adalah sesuatu yang terdiri dari
semua bentuk kominukasi berencana baik ke dalam maupun keluar antara organisasi
dengan publiknya untuk mencapai tujuan, yakni pengertian bersama.
e.
Menurut Cutip, Center, dan Broom,
The British Institute Of Public Relation, “public relations adalah suatu usaha berencana dan berkesinambungan untuk
membina serta memelihara itikad baik ataupun pengertian bersama antara
organisasi dengan masyarakatnya.
C.
Pengertian Grooming dalam Standar
Penampilan Pribadi
Kata Grooming menurut Kamus Bahasa Inggris Indonesia, artinya mengurus,
merawat, rapi atau pelihara.
Grooming
dalam penampilan prima adalah penampilan diri tenaga pelayanan pada waktu
bekerja, memberikan pelayanan kepada kolega dan pelanggan.
Jadi pengertian Grooming secara singkat adalah penampilan diri seseorang yang
terjaga dan selalu rapi secara keseluruhan, dimulai dari ujung rambut sampai
ujung kaki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar