Minggu, 30 Januari 2011

Piala FA: Kalou selamatkan Chelsea (OLAHRAGA)

Piala FA: Kalou selamatkan Chelsea

Salomon Kalou

Salomon Kalou hindarkan Chelsea dari kekalahan (Getty Images)

Chelsea membawa pulang hasil imbang 1-1 dari lawatan ke Everton di babak keempat Piala FA. Sempat tertinggal lebih dulu, The Blues berhasil memaksakan laga replay lewat gol balasan Salomon Kalou.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Goodison Park, Sabtu (29/1/2011) malam WIB, Everton sesungguhnya tampil cukup dominan. Mereka punya banyak peluang mencetak gol terutama di babak kedua.

Tuan rumah lebih dulu unggul lewat tandukan Louis Saha di menit 62. Malang buat The Toffees, gawang mereka kemudian dibobol Kalou lewat sebuah skenario serangan balik.

Hasil imbang ini jelas lebih menguntungkan The Blues, karena laga kedua akan dilangsungkan di kandang mereka Stamford Bridge.

Jalan Pertandingan

Meski tampil dengan delapan pemain yang tahun lalu tampil di final dan memberi Chelsea gelar juara, The Blues tampil kurang meyakinkan di menit-menit awal. Gawang Petr Cech bahkan lebih dulu dua kali dapat ancaman melalui upaya yang dilakukan Jack Rodwell dan Diniyar Bilyaletdinov.

Fans Chelsea harus menunggu hingga menit 31 untuk melihat Tim Howard melakukan penyelamatan untuk menepis shot on goal dari John Terry cs. Momen tersebut terjadi saat Anelka lolos dari jebakan offside saat mengejar umpan Ramires, namun sepakannya masih membentur Howard dan gagal berujung gol.

Tim tamu kembali punya peluang di menit 35 saat tendangan bertenaga dari kaki kiri Florent Malouda memaksa Howard berjibaku mengamankan gawangnya. Tak ada gol tercipta di babak pertama.

Di awal babak kedua Everton mulai menunjukkan dominasinya. Mereka kerap memaksa Chelsea bermain di wilayahnya sendiri dan hanya bisa melakukan serangan balik.

Saha nyaris membuat fans Everton melonjak saat di tiang jauh dia mengarahkan bola lambung ke dalam gawang. Bola sepertinya akan merobek jala The Blues, namun Ramires melakukan penyelamatan dengan menghalau bola ke luar lapangan.

Di menit 56 gantian Marouane Fellaini yang menguji Cech saat tandukannya ditepis keluar oleh kiper Republik Ceko itu. Gawang The Blues akhirnya benar-benar bobol saat laga menginjak menit 62.

Bermula dari tendangan sudut yang diambil Leighton Baines , bola yang melambung ke tengah kotak penalti ditanduk Saha dengan sempurna. Bola yang mengalir deras ke dalam gawang gagal dihalau Cech.

Namun keunggulan Everton hanya bertahan 13 menit. Tiga menit setelah masuk lapangan, Kalou menuntaskan sebuah skenario serangan balik Chelsea dengan tendangan mendatar yang mengarah ke tiang jauh. Bola terlihat sedikit berbelok arah setelah membentur kaki pemain bertahan Everton, yang membuat Howard hanya bisa memandangi si kulit bundar masuk ke gawangnya.

Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Hasil imbang ini memaksa digelar laga replay yang akan dilangsungkan di Stamford Bridge.

Susunan Pemain

Everton: Howard, Baines, Heitinga, Distin, Neville, Coleman, Bilyaletdinov, Arteta, Fellaini, Rodwell (Beckford 86), Saha

Chelsea: Cech, Ivanovic, A Cole, Bosingwa, Terry, Essien, Ramires, Lampard (Mikel 85), Malouda (Kalou 70), Drogba, Anelka

via Detiksport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar