Kamis, 24 November 2011

TABLE MANNER


TABLE MANNER
Hari Jumat kemarin kantor saya menyelenggarakan kick-off meeting di sebuah ballroom hotel di daerah Thamrin. Dari awal kami semua sudah diwanti-wanti dresscode-nya formal, tapi saya sama sekali nggak curiga. Pertamanya saya cuman mikir dresscode ini untuk menghindari adanya anak2 yang pake jeans ato kaos oblong di depan owner dan petinggi2 kantor yang dateng khusus ke Jakarta untuk acara ini. Tapi begitu sampe di sana… tadddaaaaaa…. ternyata acaranya akan benar-benar F-O-R-M-A-L.
http://lenguhansapi.files.wordpress.com/2011/01/img_0914.jpg?w=300&h=174
TKP meeting kantor yang sempet bikin keder juga
Hmmm…. Untungnyaaaaa… saya bertugas sebagai penjaga door gift. Wahaha, tugas yang nggak begitu penting, sih, tapi cukup untuk membuat saya dan salah satu temen saya tertahan di depan cukup lama dan nggak perlu mati gaya di dalem.
Well, ya, pas akhirnya saya duduk di meja untuk makan, saya lumayan bingung juga melihat begitu banyaknya sendok/garpu/pisau bertebaran di sekitar meja. Lengkap dengan gelas bergagang tinggi, dan serbet meja yang dilipet dengan bagusnya. Saya pernah sih baca2 tentang table manner, cuman pas baca itu saya mikir, “Ahhh, keknya nggak bakalan juga seorang saya bakalan ngalamin yang kek beginian, informasi kek begini nggak penting untuk saya.” Jadilah saya cuman baca asal2an dan satu2nya yang saya inget adalah, gunakan sendok/garpu/pisau berurutan dari yang paling luar. Hmmm… petunjuk yang sepertinya sangat mudah untuk diterapkan, kalo makanan dateng, dihidangkan, dan kita tinggal makan. Tapi sayangnyaaa… acara saya pagi itu prasmanan, ambil2 sendiri sesuka hati, yang artinya saya yang harus menentukan sendiri mana yang harus duluan saya makan. Hmm, karena saya nggak mungkin makan dengan cara full course, kebingungan saya lebih ke masalah sendok/garpu/pisaunya pake yang mana. Hmmmfff…. Belom lagi, susunan sendok/garpu/pisaunya sedikit berbeda dengan yang biasa saya lihat di gambar2. Biasanya sendok/pisau/garpunya diletakkan sejajar di kanan/kiri piring, tapi pagi itu di atas piring pun ada sepasang sendok dan garpu. Hmmm… pusing2, deh…
Ternyataaa… memang ada beberapa macem table set. Banyak sumber berbeda yang memberi penjelasan yang berbeda-beda juga, tapi dari mayoritas yang saya dapet, tata letak yang dipake oleh si hotel ini yang French style.




So here is the table set with French manner :
http://lenguhansapi.files.wordpress.com/2011/01/place_setting.jpg?w=278&h=300
di mana peralatan yang paling luar dipake untuk appetizer, dan semakin ke dalam untuk main course. Sementara sendok/garpu di atas piring digunakan untuk dessert. Cuman, seinget saya, sepasang sendok dan garpu yang ada di atas piring yang ada di hotel itu ukurannya nggak lebih kecil dibanding sendok/garpu di samping kanan dan kiri piring, sampe akhirnya sendok/garpu itu jugalah yang saya ambil untuk makan.
Table Manner adalah etiket atau tata krama pada saat di meja makan. Etiket sendiri berasal dari bahasa Perancis yakni etiquette yang berarti tata cara perilaku seseorang menurut norma-norma sosial dalam masyarakatTable Manner adalah etiket atau tata krama pada saat di meja makan. Etiket sendiri berasal dari bahasa Perancis yakni etiquette yang berarti tata cara perilaku seseorang menurut norma-norma sosial dalam masyarakatTable Manner adalah etiket atau tata krama pada saat di meja makan. Etiket sendiri berasal dari bahasa Perancis yakni etiquette yang berarti tata cara perilaku seseorang menurut norma-norma sosial dalam masyarakat








Pelajari perilaku Table manner yang tepat
Table manner, perilaku Table manner, pelajaran Table manner, aturan Table manner, tips Table manner
Perilaku table manner atau aturan yang digunakan saat makan, yang mungkin juga mencakup penggunaan yang tepat dari peralatan makan yang digunakan. Karena di dunia ini terdapat beragam budaya yang berbeda, oleh karena itu lebih baik amati table manner di tempat anda tinggal sekarang yang bertujuan untuk menunjukkan bersikap sopan pada orang lain di meja makan. Jangan lupa untuk mengingat ini agar Anda menyinggung masyarakat setempat.

Berikut adalah beberapa aturan table manner yang umum dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam hal tata krama di meja makan yang terdapat diseluruh dunia.
1)      Cuci tangan sebelum makan atau pergi ke meja
2)      Makan dengan tangan kanan Anda saat akan menyentuh makanan anda menggunakan tangan.
3)      Jangan mulai makan sebelum tuan rumah menginstruksikan tamu untuk melakukannya.
4)      Selalu menutup mulut ketika gigi memetik.
5)      jangan menggunakan jari Anda untuk berbagi makanan ke piring orang lain setelah Anda sudah mulai menggunakan Anda sendiri. Sebaliknya, meminta sendok yang bersih untuk memindahkan makanan dari piring hidangan ke piring Anda.
6)      Jangan minum bir langsung dari botol, Anda diharapkan untuk menuangkannya ke dalam gelas.
7)      Jangan meninggalkan meja sampai orang lain selesai atau permintaan tuan rumah Anda. Jika mendesak, Anda harus meminta pada dari tuan rumah sebelum pergi.
8)      Anda tidak harus menempatkan siku Anda pada meja.
9)      Jangan mengunyah cukup keras untuk didengar orang lain. Mengunyah dengan mulut Anda tertutup.

Berikut table manner dalam menggunakan sumpit
1)      Sumpit harus selalu dipegang dengan benar, yaitu antara ibu jari dan dua jari pertama dari tangan kanan.
2)      Bila tidak digunakan, sumpit harus selalu ditempatkan dengan rapi di atas meja dengan sumpit tergeletak rapi di samping satu sama lain pada kedua ujungnya.
3)      Putuskan apa yang akan diambil sebelum menggunakan sumpit.
4)      Jangan menghisap sumpit.
5)      Jangan buat sumpit seperti stik drum. Hal ini mirip dengan mengatakan kepada orang lain di meja bahwa Anda seorang pengemis



Table Manner Computer Secretary & Public Relation




http://www.newmedia-bali.com/images/berita/pr2.jpgPengetahuan tentang table manners kadang tidak begitu dianggap penting. Namun bagi kelompok sosial tertentu atau mereka yang menekuni bidang pekerjaan tertentu table manners adalah hal yang mutlak untuk diketahui. Termasuk bagi mahasiswa jurusan Computer Secretary & Public Relation. Pelatihan table manner ini sangat penting sebagai pembenahan diri dalam menghadapi dunia kerja nyata sehingga dihasilkan orang-orang yang tidak hanya unggul dalam intelektual, melainkan juga unggul dalam soft skill yang mendukung pekerjaannya. Untuk diketahui, Etika makan atau Table Manners adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Terutama dalam jamuan makan dalam acara-acara formal atau bisnis.

Pengetahuan table manner untuk mahasiswi jurusan Computer Secretary & Public Relation, New Media Interactive Computer College dilaksanakan pada 25 April 2008 di Baker's Corner. Disana mereka mendapatkan banyak sekali pembelajaran baik teori maupun praktek mengenai bagaimana tata cara makan yang baik dan benar sesuai dengan  standart internasional. Selain pengetahuan table manners, mereka juga mendapatkan informasi mengenai bar practice.

Pengetahuan table manner meliputi penjelasan mengenai fungsi dari table manner itu sendiri, nama peralatan makan, fungsinya masing-masing, cara menggunakan peralatan makan, dan tata letaknya. Mereka juga mendapat penjelasan tentang tata cara berbicara saat makan, bagaimana cara duduk dan meletakkan posisi tangan, dan lalu praktek makan. Banyak diantara mereka yang pada awalnya canggung dengan berbagai aturan table manners.Namun pada akhirnya mereka bisa menyesuaikan diri dan dapat menyerap pengetahuan ini dengan baik.

Acara ditutup dengan pembagian merchandise dari Beker's Corner, pembagian voucher bagi peserta table manner terbaik, dan juga pengumuman mahasiswi-mahasiswi terbaik dari masing-masing kelas untuk triwulan 2. Praktek table manner ini menjadi salah satu agenda kuliah diluar kelas sehingga memberikan kesempatan kepada mereka untuk mempraktekkan ilmu yang mereka peroleh secara langsung. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan praktis mereka sekaligus menjadi pemicu semangat untuk kembali melanjutkan perkuliah yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar